Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V

HR-V merupakan mobil besutan Honda yang bersaing di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Dengan desain menarik, mobil asal pabrikan Jepang ini mampu mendulang penjualan besar di Indonesia. Berdasarkan data dari Gaikindo, wholesales penjualan Honda HR-V mencapai angka 20.127 unit sepanjang awal tahun 2017. Menawarkan dua pilihan mesin, yaitu mesin berkapasitas 1.5 liter dan 1,8 liter, mobil ini begitu menarik perhatian pecinta mobil SUV Honda di Tanah Air. Sukses memikat hati konsumen Indonesia, lalu apa sajakh kelebihn dan kekurangan mobil naungan PT. Honda Prospect Motor (HPM) Indonesia tersebut?

Kelebihan Dan Kekurangan Honda HR V

Pertama, mobil ini mengusung identitas crossover, yaitu merupakan hasil perpaduan unsur sport sedan dengan ketangguhan SUV. Dengan desain yang menarik tersebut, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Selain itu interior Honda HR-V juga dirancang untuk memudahkan pengemudi menjangkau semua tombol (Driver Oriented).

Panel tengah yang menjadi pusat kendali, dilengkapi dengan AC digital dengan mekanisme operasi touchscreen sehingga sangat menarik dan memudahkan penggunanya. Dengan interior yang dibuat sedikit miring (memiliki kemiringan khusus) yang bertujuan agar ‘sedikit’ menghadap  ke pengemudi sehingag pandangan pengemudi tidak terlalu kehilanagn fokus saat mengemudi. Desain interior tersebut mirip dengan pendekatan BMW.

Disisi jantung mekanismenya, untuk mobil Honda HR-V yang memiliki kapasitas 1,8 liter, memiliki tenaga yang handal dengan kekuatan tenaga mencapai 139 PS dan dengan torsi puncak 169 Nm. Sedangakan untuk Honda HR-V yang berkapasitas mesin 1,5 liter, agaknya performannya bukanlah yang terbaik karena menggunakan mesin i-VTEC + DBW yang dapat meletupkan tenaga yang hanya 18 PS dengan torsi 145 Nm. Output ini kalah dari Chevrolet Trax yang didukung dengan induksi turbocharger sehingga tenaganya 138 PS dengan torsi 145 Nm.

Kekurangan lainnya, mobil ini memiliki dimensi mobil ya terbilang kecil, dibandingkan dengan produk Honda lainnya seperti BR-V dan Mobilio, sehingga bagasinya juga kecil. Tak hanya itu, kaki-kaki mobil ini juga kerap mengalami masalah. Akan tetapi mobil ini memiliki varian harga yang kompetitif.